By. Ba

Allah Subhanahuwata’ala telah menyeru kepada kita semua untuk beribadah dan beramal shaleh sebanyak-banyaknya, sebab hal tersebutlah yang akan menolong kita kelak dihari akhir nanti. Dan Rasulullah Shallahu’alai wasallam sebagai panutan dan khutwah hasanah bagi seluruh umat manusia telah mengajarkan bagaimana caranya untuk beribadah dan beramal shaleh, yang disenangi dan diridhai oleh Allah Subhanahuwata’ala.

Berikut Sepuluh Sunah Nabi Shallahu’alaihi wasallam dan Amal Harian penyubur Iman yang patut kita kerjakan dalam keseharian kita agar menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa:

1. Dzikir Pagi Sore.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan sebutlah (nama) Rabb -mu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara diwaktu pagi dan petang dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (Qs. Al-A’raf : 205).

Salah satu yang mampu menjadi wasilah (jalan) datangnya penjagaan dari Allah Ta’ala adalah dengan mendawamkan zikir pagi sore. Zikir pagi sore adalah sunnah yang biasa dilakukan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya.

2. Rutin Sholat Dhuha

Dalam sebuah hadis, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya, “Pada pagi hari setiap persendian kalian diwajibkan sedekah, setiap ucapan tasbih itu bernilai satu sedekah, setiap kalimat tahmid itu bernilai satu sedekah, satu ucapan tahlil bernilai satu sedekah, satu ucapan takbir bernilai satu sedekah. memerintah yang ma’ruf satu sedekah, mencegah yang mungkar satu sedekah. Dan semua itu bisa diganti dengan dua raka’at shalat dhuha.”(HR. Muslim)

Sholat Dhuha adalah salah satu kunci untuk mengundang rizki dari Allah Ta’ala. Betapa banyak orang yang sudah merasakan hikmah dibalik sholat Dhuha yang sudah dijalankannya selama ini. Allah akan memudahkan semua urusan dunia orang yang terbiasa mengejakan sholat Dhuha.

3. Shalat Jama’ah Tepat Waktu

Nabi Shallallahu ‘alalihi wasallam pernah bersabda yang artinya, “Kalau saja manusia tahu pahala panggilan shalat dan shaf awal, kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya selain harus dengan mengundi, pasti mereka akan mengundi,” (HR. Muslim)

Usahakan bila tidak ada kesibukan yang mendesak untuk sholat berjama’ah tepat waktu. Pahala sholat berjama’ah begitu besar di sisi Allah Ta’ala bagi orang-orang yang terbiasa mengerjakan sholat berjama’ah.

4. Menjaga Sholat Rawatib

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba melakukan shalat sunnah dengan ikhlas lillahi ta’ala setiap hari sebanyak 12 rakaat, melainkan pasti Allah akan membangunkan rumah di jannah.” (HR. Muslim)

5. Qira’ah Al Qur’an 1 Juz

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bacalah al Qur’an karena sesungguhnya al qur’an akan datang sebagai pemberi syafaat bagi sahabatnya (orang yang rajin qira’ah qur’an).” (HR. Muslim)

6. Berusaha dalam Kondisi Suci

Dalam sebuah hadis, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesiapa yang berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya, kesalahan-kesalahannya akan keluar dari jasadnya, bahkan sampai keluar dari ujung-ujung kukunya.” (HR. Muslim)

7. Sedekah Harian

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Seorang lelaki datang menemui rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan bertanya, “Wahairasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Bersedekahlah saat kau dalam kondisi sehat,kikir, takut miskin, dan sedang berharap menjadi kaya, tidak menunda sampai nyawa sampai di tenggorokan baru kau berkata,”Aku sedekahkan ini untuk si fulan segini,” padahal itu sudah menjadi bagian si fulan(ahli warisnya). (HR. Bukhari).

8. Membaca Buku

Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Katakanlah(wahai Muhammad) adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” (QS. Az-Zummar)

9. Istighfar Minimal 100 X

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Demi Allah, aku selalu beristighfar dan bertaubat kepada-Nya lebih dari tujuh puluh kali dalam sehari.” (HR. Muslim)

10. Witir Sebelum Tidur

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang atinya, “Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata,”Kekasihku (rasulullah shalallahu alaihi wasalla) mewasiatkan padaku agar melaksanakan shaum tiga hari setiap bulan, dua rakaat dhuha dan shalat witir sebelum tidur.” (Muttafaq alaih)

Demikianlah beberapa Amalan yang layak dan pantas kita kerjakan disela-sela kesibukan kita dalam mengarungi kehidupan ini, semoga dengan bertambahnya usia kita, bertambah pula amal ibadah kita disisi Allah Subhanahuwata’ala.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *