By. Ba

Setidaknya ada beberapa keadaan seorang hamba yang masuk Surga. Berikut ini adalah bahasan tentang seperti apakah keadaan penghuni Surga itu?

1. Allah meridhoi mereka dan tidak pernah dan tidak akan pernah benci kepada mereka

Rasulullah bersabda:Sesungguhnya Allah SWT. Berkata kepada penghuni surga:”Wahai penduduk surga.”. Merekapun menjawab serentak: Yah Tuhan kami, kami menyambut pangilanMu dan seluruh kebaikan berada ditanganMu. Allah berkata: “Apakah kalian rela”. Merekapun menjawab: Bagaimana kami tidak rela wahai Tuhan kami, Engkau telah memberikan sesuatu yang tidak pernah diberikan kepada seorangpun dari makhlukMu. Allah berkata:”Ingatlah Aku akan berikan kepada kalian yang lebih baik dari itu.”Mereka bertanya: Wahai Tuhan, apakah gerangan yang lebih baik dari itu ?. Allah menjawab:”Aku menghalalkan kepada kalian keridhoanKu dan Aku tidak membenci kalian untuk selama-lamanya”.(HR. Muslim, Kitabul Jannah, vol II, hal. 738).

2. Penghuni Surga Menikmati Pasar Yang Indah

Rasulullah bersabda: Sesungguhnya didalam surga terdapat pasar, mereka mengunjunginya setiap hari Jum’at, maka menghembuslah angin utara dan menebarkan debu di wajah dan pakaian mereka sehingga bertambahlah keindahan, kecantikan dan kegantengannya. dan tidaklah mereka pulang kepada keluarga mereka kecuali mereka sudah bertambah indah. Keluarga mereka menyambutnya dengan gembira seraya berkata: Demi Allah kalian bertambah indah setelah kami, dan merekapun menyahut: Dan kalian demikian.(HR.Muslim, kitab sifat Al-Jannah, vol II, hal 738)

3. Penduduk Surga Tidak Lagi Buang Kotoran.

Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya ahli surga makan dan minum didalamnya, mereka tidak meludah, tidak buang air kecil, tidak berdahak dan tidak buang air besar. Para shahabat bertanya: Bagaimana dengan makanannya ? Rasulullah menjawab : Makanannya menjadi keringat wangi laksana wanginya minyak kersturi.(HR. Muslim, kitab sifat Al-Jannah, vol II, hal 740).

4-Penghuni Surga Allah Mereka Tetap Muda

Rasulullah bersabda: Barang siapa yang masuk surga dia bersenang-senang tidak akan merasakan kesengsaraan, pakaiannya tidak pernah basah, dan masa mudanya tetap langgeng.(HR.Muslim kitab sifat Al-Jannah, vol II, hal 740).

5-Wali-wali Allah didalam Surga Tidak Sakit Dan tidak Ada Kematian Baginya

Rasulullah Bersabda: Penyeru didalam surga menyeru: Sesungguhnya kalian akan sehat selamanya dan tidak akan mengeluh sakit, kalian akan hidup selamanya dan tidak akan ada kematian dan kalian akan muda untuk selamnya dan kalian tidak akan mengalami kepikunan, kalian akan bersenang-senang selalu dan tidak akan mendapatkan kesusahan. (HR.Muslim kitab sifat Al-Jannah, vol II, hal 741).

6. Bagi Mu’min Yang Masuk Surga Dia Akan Memiliki Tenda

Rasulullah bersabda: Bagi mu’min di surga tenda yang terbuat dari permata yang berlubang, lebarnya 60 mil. Disetiap penjuru tingal keluarganya, saking luasnya satu dengan yang lainnya tidak saling melihat, dan orang mu’min itu berkeliling mengunjungi mereka. (HR.Muslim kitab sifat Al-Jannah, vol II, hal 741).

Dan masih banyak lagi nikmat – nikmat Allah Swt yang akan diberikan pada umat penghuni surga, wallahua’lam.

(sumber: Tamasya ke Surga, Ibnu Qayyim al Jauziy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *