Perintah Adzan

  1. Perintah Adzan

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :

??????? ???????? ?????????? ????????????? ?????? ?????????? ??????????????? ???????????? (???? ??????? ????? ???????? ?????? ???????)

“Maka apabila datang waktu shalat, hendakalah salah seorang di antara kamu adzan untuk kamu dan hendaklah mengimani kamu orang yang paling dewasa diantara kamu.” HR. Al-Bukhari (I/117), An-Nasai (II/8-9). Dari Malik bin Al-Huairits raddhiallahu ’anhu.

-          Lafazh ini dari Al-Bukhari.

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :

???????? ??????? ???? ?????? ?????? ??? ?????? ????????? ????????? ????????? ???????????? ?????????? ????????? ????? ????? ??????? ????????? ????? ??????? ????? ????????? ?????????? ?????????? ??????? ?????? ???? ???????? ????????? ?????????????? ?????????? (???? ??????? ?? ???? ?? ????)

“Rabb-Mu (Allah) heran terhadap seorang pengembala  kambing  yang  berada  di pun-cak  gunung, kemudian ia adzan untuk shalat, maka Allah ’Azza Wa Jalla berfirman, “Perhatikanlah kepada hamba-Ku ini, dia adzan kemudian mengerjakan shalat karena takut kepada-Ku, sungguh Aku telah mengampuni hamba-Ku ini dan memasukkannya ke dalam jannah.” HR. An-Nasai (II/17). Dari Uqbah bin Amir.

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :

??? ???? ????????? ??? ????????? ????? ??????? ??????? ???????????? ?????? ??????????? ?????????? ???????????? (???? ???? ?? ????????)

“Tidaklah dari tiga orang yang tidak adzan dan tidak iqamah dalam shalat mereka, melainkan setan akan mengalahkannya.” HR. Ahmad (Naitul Authar II/10). Dari Abu Darda.

Kesimpulan

  1. Hendaknya melaksanakan adzan apabila datang  waktu  shalat sekalipun sendiri.
  2. Orang yang melaksanakan shalat dengan adzan dan iqamah akan diampuni dosanya, dimasukkan kedalam jannah, dan dimenangkan dari setan.

C a t a t a n

  1. Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dari Husain bin Ali radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa yang diberi kelahiran seorang anak kemudian adzan pada telinga kanannya dan iqamah pada telinga kirinya, maka tidak akan membahayakan kepada anak tersebut Ummush Shibyan (setan).” Hadits ini adalah dha’if (Al-Jamiu’ush Shaghir II/83).
  2. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi dari Abu Rafi’, bahwa ia berkata, “Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adzan pada telinga Hasan bin Ali ketika Fatimah melahirkannya, sebagaimana adzan shalat.” HR. Abu Dawud (5105), At-Tirmidzi (1514). Hadits ini lemah, sebab dalam sanadnya terdapat ‘Ashim bin ‘Ubaidillah Al-Madani, ia adalah dha’if. (Takribut Tahdzib I/384).

 2.  Adab Ketika Adzan

Dari Abu Juhaifah ia berkata :

???????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? ????????????? ?????? ??? ??????? ???? ????????? ????? ???????? ??????? ???????? ????????? ?????? ??????? ????????? ????? ????????? ??????? ???????? ??????????? ????? ??????? ????????? (???? ???? ?? ?????????: " ???????? ???????? ?????? ????? ??????????? ????????? ???????? ?????? ????? ????? ?????????? ????? ????? ?????????? ????? ???????? ???????? ?????????? ?????? ?????????? ????????: ???????? ???????? ????????? ????????? ?????????? ????? ??? ????? ????? ????? ????????????? ??? ?????????? (???? ???? ???????? ???????? ?????? ?????)

“Saya mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di Abthah, beliau berada dalam kubahnya yang merah, kemudian Bilal keluar dengan membawa air sisa wudhunya, maka di antara kami ada orang yang mengambil air tersebut seraya memercikkan pada badannya dan ada yang mengambil air dari shahabatnya, kemudian Bilal adzan sedangkan saya memperhatikan mulutnya kesana kemari.” HR. Ahmad.

Dalam lafaz Abu Dawud, “Saya melihat Bilal keluar Abthah, kemudian adzan, maka ketika sampai pada lafazh “HAYYA ’ALASH SHALAAH” dan “HAYYA ’ALAL FALAAH” ia menengok leher-nya ke kanan dan ke kiri dan ia tidak memutarkannya.”

Dalam riwayat At-Tirmidzi, “Saya melihat Bilal adzan seraya menengokkan mulutnya kesana dan kemari dan kedua jari telunjuknya pada kedua telinganya.” HR. Ahmad (IV/308), Abu Dawud (520) At-Tirmidzi (197).  

Sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam :

?????? ?????????? ???? ????????? ????? ????? ???????? ?????? ????? ?????? (???? ??? ????)

“Sesungguhnya aku tidak menyukai untuk mengingat Allah ‘Azza Wa Jalla kecuali dalam keadaan suci.” HR. Abu Dawud (17). Dari Muhajir bin Qunfudz bin ‘Umair bin Yudz’an.

Dari Abu Sho’sho’ah Al-Anshari Al-Madini ia berkata :

????? ????? ??????? ???????????? ????? ???? ?????? ??????? ??????? ????????? ?????????????? ??????? ?????? ??? ???????? ???? ??????????? ??????????? ???????????? ????????? ???????? ????????? ??? ???????? ????? ?????? ???????????? ????? ????? ?????? ????? ?????? ?????? ?????? ???? ?????? ???????????? ????? ????? ??????? ?????????? ???? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? (???? ???????)

“Sesungguhnya Abu Said Al-Khudri berkata kepadanya, “Sesungguhnya aku melihat engkau suka menggembala kambing dan suka berada di padang pasir. Maka jika kamu berada ditengah-tengah gembalaanmu atau padang pasir, kemudian engkau adzan untuk melaksanakan shalat. Maka keraskanlah suaramu, sesungguhnya ti\aklah jin, manusia dan sesuatu yang lainnya yang mendengar lantangnya suara muadzdzin kecuali akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat.” Abu Said berkata, “Saya mendengarnya dari Rasullah shallalahu ‘alaihi wa sallam.” HR. An-Nasai (II/11).

Dari Utsman bin Abil ’Ash ia berkata :

????? ???? ????? ??? ?????? ??????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ???? ???????? ?????????? ??? ???????? ????? ????????? ??????? (???? ??????? ???????? ???????? ???? ???? ?????? ???????)

 “Sesungguhnya dari apa yang terakhir diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepadaku adalah untuk menentukan muadzdzin yang tidak mengambil upah atas adzannya. HR.Abu Dawud (531), At-Tirmidzi (209), An-Nasai (II/20), Ibnu Majah (714).

-          Lafazh ini dari At-Tirmidzi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

?????????? ??????? ?????????????? ?????????? ?????????? ???????? ???????????? ????????? ???????????????? (???? ??????? ????????)

“Imam itu penanggungjawab sedangkan muadzzin orang yang dipercaya, Ya Allah,  berilah  petunjuk kepada para imam dan ampunilah para muadzdzin.” HR.Abu Dawud (517), At-Tirmidzi (207). Dari Abu Hurairah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

...?????????? ???? ??????? ???????????? (???? ??????? ????? ???????? ????????)

“Wahai Bilal, berdirilah dan serukanlah adzan untuk shalat.” HR. Al-Bukhari (I/114), Muslim (I/162), At-Tirmidzi (160), An-Nasai (II/3). Dari Ibnu Umar.

Dari Said bin Yazid ia Berkata :

????? ????????? ?????? ?????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ????? ?????? ????? ??????????? ?????? ??????????? ????? ????? ??????????? ??????? ?????? ???????? (???? ???????)

“Ia biasa adzan di depan pintu pada hari Jum’at ketika beliau duduk di atas mimbar, pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, Abu Bakar dan Umar. HR. Abu Dawud (1088).

Kesimpulan

  1. Disukai bagi muadzdzin dalam keadaan suci, sebab adzan merupakan dzikir kepada Allah’ Azza Wa Jalla.
  2. Ketika adzan hendaknya jari telunjuk dimasukan dalam telinganya, dan ketika sampai pada lafazh : “HAYYA ‘ALASH SHALLAAH” dan HAYYA ‘ALAL FALAAH” hendaknya diucapkan seraya menengok ke kanan dan ke kiri.
  3. Muadzdzin  tidak boleh mengharap atau mengambil upah dari adzannya.
  4. Muadzdzin hendaknya memperhatikan waktu-waktu shalat.
  5. Disunnahkan untuk adzan dengan berdiri dan mengeraskan suara.
  6. Disunnahkan untuk adzan Jum’at dipintu masjid.

C a t a t a n

  1. Diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wahai Bilal, apabila engkau adzan, maka lambatkanlah adzanmu dan apabila engkau iqamah maka segerakanlah dan jadikanlah jarak antara adzan dan iqamahmu sekedar orang makan dan minum atau selama orang menunaikan hajatnya di tempat buang air. Dan janganlah kamu berdiri sehingga melihat aku.” HR.At-Tirmidzi (195). Dari Jabir bin Abdullah. At-Tirmidzi melemahkan hadits ini, karena sanadnya majhul (Subulus Salam I/247).
  2. Diriwayatkan dari Zuhri dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, "Tidaklah adzan kecuali orang yang wudhu." HR. At-Tirmidzi (200).

      Hadits ini munqathi’ sebab Al-Zuhri tidak bertemu dengan Abu Hurairah radhiallahu 'anhu berkata, “Tidaklah adzan untuk shalat kecuali orang yang berwudhu”. Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi (200).

      Dalam sanad hadits ini terdapat Mu’awiyyah bin Yahya Ash-Shadfi, dia adalah sangat dha’if maka tidak bisa dia dijadikan hujjah bahwa muadzdzin itu harus berwudhu terlebih dahulu.

  1. Diriwayatkan oleh seorang perempuan dari Bani Najar ia berkata, “Rumahku adalah tertinggi di antara rumah-rumah yang ada di sekitar masjid, maka Bilal senantiasa adzan fajar di atas rumahku....” Diriwayatkan oleh Abu Dawud (519). Hadits ini lemah sebab dalam sanadnya terdapat seorang perempuan yang belum kenal, maka tidak bisa dijadikan dalil bahwa adzan itu harus ditempat yang tinggi. (Sunan Abu Dawud, foot note hadits no.519).

3. Kewajiban Orang Yang Mendengar Adzan

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :

????? ?????????? ?????????? ?????????? ?????? ??? ???????? ???????????? (???? ??????? ???????? ???????? ??????? ???? ???? ?????? ???????)

“Apabila kamu mendengar adzan, maka tirukanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzdzin.” HR. Al-Bukhari (I/155), Muslim (I/163), Abu Dawud (522), At-Tirmidzi (208), Ibnu Majah (720). Dari Abu Said Al-Khudri.

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :

????? ????? ???????????? ????? ???????? ????? ???????? ??????? ?????????? ????? ???????? ????? ???????? ????? ????? ???????? ???? ??? ?????? ?????? ????? ????? ???????? ???? ??? ?????? ?????? ????? ????? ????? ???????? ????? ?????????? ??????? ????? ????? ???????? ????? ?????????? ??????? ????? ????? ????? ????? ????? ?????????? ????? ??? ?????? ????? ??????? ?????? ??????? ????? ????? ????? ????? ?????????? ????? ??? ?????? ????? ??????? ?????? ??????? ????? ????? ????? ???????? ????? ???????? ????? ????? ???????? ????? ???????? ????? ????? ??? ?????? ?????? ????? ????? ??? ?????? ?????? ????? ???? ???????? ?????? ?????????? (???? ???? ???????? ?????? ?????)

“Apabila muadzdzin mengucapkan, “ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR” kemudian salah seorang diantara kamu menirukan “ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR” jika muadzdzin mengucapkan “ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLAL-LAAH,” menirukan dengan “ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH,” Jika muadzdzin mengucapkan. "ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH,” menirukan dengan ucapan, “ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUU-LULLAAH” jika muadzdzin mengucapkan, “HAYYA ‘ALASH SHALAAH”, menyambut dengan ucapan “LAA HAULAA WALAA QUWWATA ILLA BILLAAH,” jika muadzdzin mengucapkan, “HAYYA ‘ALAAL FALAAH”, menyambut dengan ucapan “LAA HAULAA WALAA QUWWATA ILLA BILLAAH,” jika muadzdzin mengucapkan “ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR” meniru dengan ucapan “ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR” jika muadzdzin mengucapkan “LAA ILAHA ILLALLAAH,” dengan sepenuh hati, maka ia masuk jannah.” HR. Muslim (I/164), Abu Dawud (527). Dari Umar bin Khaththab.

-          Lafazh ini dari Muslim.

Dari Abu Sya’sya’ ia berkata :

?????? ???????? ??? ??????????? ???? ????? ?????????? ????????? ???????????? ??????? ?????? ???? ??????????? ??????? ???????????? ????? ?????????? ???????? ?????? ?????? ???? ??????????? ??????? ????? ?????????? ?????? ????? ?????? ????? ????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? (???? ???? ???????? ???????? ???????? ???? ???? ?????? ?????)

“Kami duduk di masjid bersama Abu Hurairah, kemudian muadzdzin menyerukan adzan maka ada seseorang yang bangkit dan berjalan meninggalkan masjid, maka Abu Hurairah memperhatikannya dengan tajam, sehingga orang tersebut keluar dari masjid, maka Abu Hurairah berkata, “Adapun orang ini sungguh telah memaksiati Abul Qasim shallallahu ‘alaihi wa sallam.” HR. Muslim (I/262), Abu Dawud (536), At-Tirmidzi (204), An-Nasai (II/24), Ibnu Majah (733).

-    Lafazh ini dari Muslim.

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu ia berkata:

????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? ?????? ??????? ??????? ??? ??????? ????? ??????? ?????? ??? ??????? ?????????? ????? ??????????? ???????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ???? ????????? ???? ??????????? ??? ???????? ????????? ???? ???????? ?????? ??????? ??????? ???? ???????? ?????????? ???????????? ????? ?????? ????? ???????? (???? ????)

“Seorang buta datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, maka ia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami tidak mempunyai seorang yang menuntun ketika berangkat ke masjid.” Maka ia meminta kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam untuk memberi keringanan sehingga bisa melaksanakan shalat dirumahnya, maka beliau memberi keringanan kepadanya. Ketika orang buta tersebut telah ber-paling beliau memanggilnya, lalu beliau berkata, “Apakah engkau mendengar panggilan shalat (adzan)?” Ia menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Maka penuhilah panggilan itu.” HR. Muslim (I/262).

Kesimpulan

  1. Bagi orang yang mendengar adzan hendaknya menjawab apa yang diucapkan muadzdzin secara khusyu’, kecuali lafazh ”HAYYA ‘ALASH SHALAAH”, dan ”HAYYA ‘ALAL FALAAH”, maka menjawabnya adalah  “LAA HAULAA WALAA QUWWATA ILLA BILLAAH.”

Bagi orang yang mendengar adzan, wajib memenuhi kecuali udzur syar’i seperti : hujan, sakit, safar dan sebagainya.