Mandi

Firman Allah  'Azza Wa Jalla :

??? ???????? ????????? ??????? ??? ?????????? ?????????? ?????????? ???????? ?????? ?????????? ??? ?????????? ????? ??????? ?????? ???????? ??????? ?????? ???????????? (??????: ??)

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi…(QS. An-Nisa' : 43)

Hadats Yang Mewajibkan Mandi

Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam :

??????? ???? ???????? (???? ???? ???????? ???? ???? ???????? ?????? ???? ????)

“Air itu dari air (wajib mandi karena keluarnya mani).” HR. Muslim (I/52), At-Tirmidzi (112), An-Nasai (I/96), Ibnu Majah (607), Ad-Darimi (I/94). Dari Abu Ayyub.

-          Lafazh ini dari Ibnu Majah.

Dari Ummu Salamah  radhiallahu 'anhu ia bekata :

??????? ????? ???????? ????????? ????? ???????? ????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ????????? ??? ??????? ????? ????? ????? ??? ??????????? ???? ???????? ???? ????? ??????????? ???? ?????? ????? ???? ??????????? ??????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ?????? ????? ?????? ???????? (???? ???? ???????? ? ??????? ???????? ???????? ???? ???? ???????? ?????? ???????)

“Ummu Sulaim, istri Abu Thalhah datang kepada  Rasulullah  shallal-lahu 'alaihi wa sallam ia berkata,” Wahai Rasulullah sesungguhnya Allah tidak malu dari kebenaran apakah perempuan itu wajib mandi apabila ia bermimpi?” Rasulullah  shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,” Ya, apabila ia melihat air (mengeluarkan semacam air mani bagi pria)." HR. Ahmad (Fathur Rabbani no.429), Al-Bukhari(I/61), Muslim (I/141) At-Tirmidzi (122), An-Nasai (I/95), Ibnu Majah (600) Ad Darimi (I/190).

-          Lafazh ini dari Al-Bukhari.

Sabda  Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam :

????? ?????? ?????? ????????? ?????????? ????? ????????? ?????? ?????? ???????? ????????? ????? ??????? ?????? ?????? ???? ???????? (???? ???? ???????? ????? ???????? ???????? ???? ???? ???????? ?????? ?????)

“Apabila seseorang telah duduk diempat cabang anggota istrinya, kemudian ia bersungguh-sungguh menyetubuhinya, maka ia wajib mandi,” Dalam riwayat Mathar,”Sekalipun tidak keluar (mani).” HR. Ahmad (Fathur Rabbani 424), Al-Bukhari (I/62), Muslim (I/153), At-Tirmidzi (108), An-Nasai (1/92), Ibnu Majah (610), Ad-Darimi (I/49). Dari Abu Hurairah  radhiallahu 'anhu.

-          Lafazh ini Muslim.

Dari Aisyah radhiallahu 'anha ia berkata :

????? ??????? ?????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ???? ????????? ????????? ???????? ????? ???????? ???? ??????????? ?????????

??????????? ????????? ??????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ?????? ????????? ?????? ????? ???????? ????? ?????????? (???? ????)

"Seorang laki-laki bertanya kepada  Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  tentang  orang  yang menyetubuhi istrinya, kemudian ia merasa malas (lemah tidak mengeluar-kan mani) apakah kedua-duanya wajib mandi?”Aisyah duduk disampingnya, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda “Sesungguhnya aku pernah berbuat demikian itu, aku dan ‘Aisyah ini, kemudian kami mandi.” HR. Muslim (I/154).

Dari ‘Aisyah radhiallahu 'anha  ia berkata :

??????? ????????? ?????? ????? ???????? ????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? ????????? ??? ??????? ????? ?????? ????????? ??????????? ????? ???????? ?????????? ?????????? ??????? ??? ???????? ?????? ?????? ???????? ????????????? ??????? ?????????? ??????????? ??????? ?????????? ??????? ?????????? ?????????? ?????? ??????? ???????? (???? ??????? ????? ? ??????? ???????? ???????? ???? ???? ???????? ?????? ?????)

“Telah datang Fathimah binti Abu Hubaisy kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, ia berkata “Wahai  Rasulullah, saya seorang perempuan yang sedang istihadhah tidak suci, Apakah saya (harus) meninggalkan shalat? "Beliau menjawab, "Jangan, sesung-guhnya itu penyakit, bukan darah haidh, tinggalkanlah shalat, dan apabila darah haidh itu habis, maka bersihkanlah darah tersebut (mandi) dan shalatlah.” HR. Al-Bukhari (I/65), Muslim (I/148), Abu Dawud (279), At-Tirmidzi (125), Ibnu Majah (621), Ad-Darimi (I/196).

-          Lafazh ini dari Muslim.

Keterangan

Istihadhah adalah keluarnya darah selain haidh dan nifas.

Dari Hamnah binti Jahsy radhiallahu 'anha ia berkata :

?????? ??????????? ???????? ????????? ????????? ???????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ????????????? ???????????? ???????????? ??? ?????? ??????? ???????? ?????? ?????? ??????? ???????? ??? ??????? ????? ????? ??? ???????? ??????? ??????? ????? ???? ???????? ??? ??????? ????? ?????? ??????????? ???????? ????????? ????????? ????? ????? ?????? ???? ??????????? ?????????? ???????????? ????? ???????? ???? ??????????? ????????? ???????? ??????? ??????? ???? ???????? ???? ?????? ????? ????????????? ??????? ???????? ??????? ?????? ??????? ????? ????????? ???????????? ?????????? ???????? ?????? ???????? ?????? ???? ???????? ?????? ???????? ??????????? ???????? ???????? ??????? ????? ???????? ?????? ???????? ???? ????????? ???????????? ???????????? ??????? ???????? ???? ???????? ??? ?????? ????? ????? ?????????? ?????? ????? ???????? ??????? ???? ???????? ??????????????? ??????????????? ???????? ????????? ??????????? ???????? ???? ???????? ??????????? ???????? ????????????? ???????? ??????? ?????? ?????????? ?????????? ?????????? ??? ????? ?????? ????? ??????? ?????????? ??????? ?????????? ??????????? ??????????? ????????????? ?????? ???????? ????? ???? ?????????? ????????? ???????????? ????????? ??????????????? ????? ?????????? ????????? ??????????? ???????? ????? ???????????? ??????????? ?????????????? ?????????? ????? ????????????? ?????????????? ?????? ?????????????? ?????????? ??????????????? ???? ????????? ???????????? ?????????? ?????????? ???????? ???????? ???? ????????? ????? ?????? ??????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ??????? ???????? ????????????? ??????? (???? ???? ? ??????? ???????? ???? ???? ?????? ?????)

“Aku beristihadhah deras lagi banyak, maka aku mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam meminta fatwa dan hendak mengkhabarkan kepada beliau. Aku menjumpai beliau di rumah saudara perempuanku yaitu Zainab binti Jahsy, aku berkata, "Wahai  Rasulullah sesungguhnya aku ada perlu kepada engkau." Beliau bertanya, "Ada apa?” Aku berkata, "Wahai Rasulullah aku beristihadhah banyak lagi deras, bagaimana pendapat engkau tentang hal ini? Aku menjadi terhalang untuk melaksanakan shalat dan shiam." Beliau bersabda : "Aku sarankan kepadamu dengan kapas karena sesungguhnya kapas itu dapat menghilangkan darah.” Ia berkata, "Darah itu sangat deras.” Beliau bersabda, "Ikatlah." Ia berkata, "Sesungguhnya masih tetap mengalir.” Beliau bersabda : "Akan aku perintahkan kepadamu dengan dua hal, mana yang engkau kerjakan, maka telah mencukupi dari yang lainnya, jika mampu melaksanakan keduanya maka kamu lebih mengetahui. Sesungguhnya itu adalah satu gangguan dari gangguan-gangguan setan, maka hitunglah masa haidmu enam atau tujuh hari menurut ketentuan Allah, kemudian mandilah sehingga engkau melihat bahwa dirimu telah suci dan bersih, maka shalatlah selama 24 atau 23 hari dan shaumlah pada siang harinya, maka sesungguhnya yang demikian itu cukup bagi kamu, kerjakanlah yang demikian itu pada setiap bulan sebagaimana masa haidnya kebanyakan kaum wanita dan masa sucinya dari haidh, jika kamu mampu hendaknya mengakhirkan shalat Dhuhur dan mendahu-lukan shalat Ashar maka kamu mandi untuk shalat Dhuhur dan Ashar dengan dijamak, kemudian kamu mengakhirkan shalat Maghrib dan mendahulukan shalat Isya, kemudian kamu mandi untuk menjamak kedua shalat tersebut, kemudian mandilah pada waktu fajar dan shalatlah (Shubuh). Kerjakanlah yang demikian itu, shalat dan shaumlah jika kamu mampu untuk melakukan yamg demikian itu.” Rasulullah  shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Yang ini (yang kedua) lebih aku sukai.” HR. Ahmad (VI/439), Abu Dawud (287), At-Tirmidzi (128), Ibnu Majah (617).

-          Lafazh ini dari Ahmad.

Dari Jabir  radhiallahu 'anhu ia berkata :

??????????? ?????? ?????? ????????? ??????????????? ?????????? ????????? ?????? ???????? ????????? ???? ????? ?????? ???????????? ????? ??????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ?????? ???????? ????? ?????????? ?????????????? ???????? ??????????? (???? ????)

 “Maka kami keluar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sehingga sampai di Dzul Hulaifah, kemudian Asma binti Umais melahirkan Muhammad bin Abu Bakar, maka ia mendatangi  Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam seraya bertanya, Apa yang harus aku lakukan (dalam haji)?” Beliau menjawab, ”Mandilah dan bercawatlah dengan kain, kemudian ihramlah,” HR. Muslim (I/510).

Kesimpulan

Hadats yang mewajibkan mandi adalah keluarnya mani, bersetubuh, sekalipun tidak keluar mani, haidh, nifas dan istihadhah yang deras.

Catatan.

  1. Dari Ummu Salamah radhiallahu 'anha  ia berkata.  "Perempuan-perempuan  nifas  pada

masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam duduk-duduk selama 40 hari setelah melahirkan (tidak melaksanakan shalat).” Diriwayatkan oleh Imam yang lima kecuali An-Nasai. An-Nawawi berkata, “Menurut kebanyakan ulama fiqih , hadits ini dhaif dan tertolak.” (Talhishul Habir I/171).

  1. Ada yang meriwayatkan bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila dua kelamin telah bertemu, maka wajib mandi." (Diriwayatkan oleh Ahmad, At-Tirmidzi dan An-Nasai). Al-Bukhari berkata, “Hadits ini ma’lul, karena Al-Auza’i dalam hadits ini berbuat salah.” (Talhishul Habir I/124).                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Diriwayatkan bahwa orang yang junub dan orang yang haidh tidak boleh membaca Al-Qur’an (diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar). Di dalam sanad hadits ini terdapat Ismail bin ‘Iyasy yang riwayatnya dari Hijaziyyin, oleh karena itu hadits tersebut dha’if. (Talhishul Habir I/138).