Firman Allah ‘Azza wa Jalla:

 

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ . قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ.

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab, “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat, (QS. Al-Muddatsir [74]: 42-43)

 

 

Firman Allah ‘Azza wa Jalla:

 

وَمَا مَنَعَهُمْ أَنْ تُقْبَلَ مِنْهُمْ نَفَقَاتُهُمْ إِلا أَنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَبِرَسُولِهِ وَلا يَأْتُونَ الصَّلاةَ إِلا وَهُمْ كُسَالَى وَلا يُنْفِقُونَ إِلا وَهُمْ كَارِهُونَ

Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan salat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan. (QS. At-Taubah [9]: 54)

 

 

Hadits Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam:

 

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلَاةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Perjanjian antara kita dengan mereka adalah shalat, maka barangsiapa meninggalkannya ia telah kafir. “ (HR. Tirmidzi [2623] dan Ibnu Majah [1079] dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya)

 

Hadits Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam:

 

أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ اْلعَبْدُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ الصَّلاَةُ فَإِنْ صَلُحَتْ صَلُحَ لَهُ سَائِرُ عَمَلِهِ وَ إِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ

“Permulaan yang akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Jika shalat itu baik, maka seluruh amalnya akan menjadi baik dan jika shalat itu rusak, maka seluruh amalnya akan rusak”. HR. Thabrani dalam Al-Ausath (Shahih wad Dhaif Al-Jami’ush Shaghir nomor 2570). Menurut Al-Albani hadits ini shahih.

 

(Dikutip dari buku “Tuntunan Shalat Menurut Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam” jilid 1 halaman 70-69, penerbit: Media Al-Fatah Press)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *